Sejarah

Penerbit Karmelindo lahir dari sebuah pemikiran cukup panjang dari Seksi Publikasi, salah satu Seksi yang ada dalam Institut Karmel Indonesia (IKI). Saat itu Ketua Seksi Publikasi dipegang oleh Rm. Albertus Herwanta, O.Carm, periode kepengurusan tahun 2003-2006. Melalui pemikiran yang cukup panjang tersebut, Seksi Publikasi masa kepengurusan ini akhirnya memberanikan diri untuk mendirikan sebuah penerbitan yang tujuannya ialah untuk memublikasikan tulisan-tulisan para Karmelit di bidang spiritualitas baik yang bersifat ilmiah maupun populer.

Waktu dan Tempat

Setelah melewati diskusi dan percakapan di antara para Karmelit yang berkecimpung di bidang penerbitan ini, akhirnya disepakati bahwa namanya adalah: Penerbit Karmelindo. Ini adalah sebuah penerbitan milik Ordo Karmel Indonesia, yang kinerjanya secara langsung ada di bawah Institut Karmel Indonesia. Penerbit Karmelindo dibentuk dan didirikan pada tahun 2004, tanpa melalui suatu upacara peresmian yang dilakukan pada hari atau tanggal tertentu.

Tempat untuk memulai usaha penerbitan ini adalah satu ruangan yang ada di bangunan Biara Karmel Jl. Talang 3 Malang. Tepatnya, ruang yang terletak di antara perpustakaan Ordo dan ruang rekreasi para Romo, Jl. Talang 5 Malang.

SDM dan Buku Terbitan Perdana

         Penerbit Karmelindo dirintis dan dimulai secara kecil-kecilan. Dari segi SDM, karyawan-karyawati yang bekerja sejak awal berdirinya Penerbit Karmelindo adalah Bpk. Herman Yosef Soedirman bagian setting dan layout naskah dan Ibu Vincentia Yuda bagian setting, layout naskah dan administrasi.

         Dari para Karmelit, selain dari para anggota Seksi Publikasi yang diketuai oleh Rm. Albertus Herwanta, O.Carm, juga Rm. A. Ari Pawarto, O.Carm ikut menangani langsung sebagai korektor naskah, yang pada waktu itu tugas utamanya adalah sebagai Sekretaris IKI. Sekretariat IKI juga berada di Jl. Talang 3 Malang.

         Patut dikenang dalam sejarah Karmelindo bahwa ada tiga buku perdana yang diterbitkan oleh Penerbit Karmelindo. Ketiga buku yang diterbitkan dalam rangka menandai perayaan 80 tahun Ordo Karmel di Indonesia (1923-2003) tersebut ialah, pertama: Sketsa Perjalanan (editor: Albertus Herwanta, O.Carm), kedua: Jatuh Bangun di Jalan Karmel (editor: Gregorius Uce, O.Carm) dan ketiga: Menerjang Badai Jaman (editor: Dionysius Kosasih, O.Carm). Ketiga buku tersebut terbit pada tahun 2004. 

Perkembangan

         Penerbit Karmelindo diusahakan terus berkembang dari tahun ke tahun sesuai dengan kemampuan dan tenaga yang ada. Dari segi SDM dalam kurun waktu delapan tahun (satu windhu), dari tahun 2004 – Juni 2012 ada banyak pegawai yang datang dan pergi dan pada medio 2012 ada 6 pegawai (3 putra, 3 putri; 3 orang di bagian produksi dan 3 orang lain di bagian keuangan, administrasi, pengepakan dan pengiriman) dan beberapa tenaga lepas (freelance) sebagai tenaga pendukung. Dari segi buku-buku yang telah diterbitkan, hingga medio 2012 ada 41 judul. Dari jumlah tersebut ada dua buku yang terbit secara rutin yaitu pertama, Cafe Rohani: renungan harian bercitarasa Katolik (terbit setiap bulan sejak Januari 2005). Kedua, RUAH: Buku Bacaan Kitab Suci (Misa Harian, Minggu dan Hari Raya) yang terbit setiap 3 bulan sekali.

         Dari segi sarana/prasarana, ruang yang ada di Jl. Talang 3 ternyata terasa sudah cukup sempit. Karena itu pada tahun 2010 Rm. Adrianus Pristiono, O.Carm sebagai Direktur Penerbit Karmelindo mulai memikirkan pengembangannya dengan membeli sebuah bangunan ruko yang berlokasi di Jl. Raya Tidari 1 C Malang. Setelah selesai dilakukan renovasi, Penerbit Karmelindo berpindah dari Jl. Talang 3 ke Jl. Raya Tidar 1 C pada bulan April 2011. Gedung Penerbit Karmelindo tersebut diberkati oleh Rm. Provinsial Ordo Karmel, Rm. Ignatius Joko Purnomo, O.Carm pada 9 April 2011.

         Kita patut bersyukur kepada Allah, Sang Penyelenggara hidup dan masa depan Penerbit Karmelindo, karena pada tahun ke-7 (memasuki tahun ke-8, satu windhu) Penerbit Karmelindo sudah memiliki gedung sendiri. Gedung inilah yang menjadi tempat Penerbit Karmelindo berkarya dan melayani umat di bidang penerbitan buku-buku spiritualitas.

Inspizo IT